FamTrip, Mengeksplore Wisata Solo


Minggu ini saya baru mendapatkan pengalaman baru untuk jalan - jalan ke Kota Solo. Tujuannya bukan untuk bersenang - senang, melainkan menjalankan tugas sebagai seorang blogger untuk mempromosi tempat wisata di Jawa Tengah yang berada di Kota Solo.


Yah, saya baru saja mengikuti acara FamTrip (Familirization Trip), program dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Jawa Tengah yang diselenggarakan pada tanggal 15 - 17 Februari. Dan saya mewakili blogger Semarang, dotsemarang.

Selama 3 hari di kota Solo, ada satu event imlek yang dikunjungi, 4 tempat wisata, dan 6 tempat kuliner untuk di eksplore.

Satu event besar Solo yang dikunjungi adalah Grebeg Sudiro di Pasar Gedhe. Ini pertama kalinya saya melihat dari dekat kemeriahan parade budaya sebelum imlek di Solo. Penuh sesak ribuan masyarakat Solo yang menyaksikan acara ini.

Wisata Solo yang dieksplore adalah Museum Danar Hadi Solo, Tempat Pembuatan Gamelan di Desa Wirun, Perkebunan Teh Kemuning dan Kampoeng Batik Laweyan. Dan perjalanan ditutup dengan naik Sepur Kluthuk Jaladara keliling Solo.

Selain itu mencoba kuliner Solo yang khas, tradisional dan nikmat. Pokoke Maknyus…
Adapun tempat - tempat kuliner yang dikunjungi adalah Selat Solo Mbak Lies, Tiga Tjeret, Rumah Teh Ndoro Dongker, Njah Jambon dan Rumah Makan Adem Ayem.

Setiap tempat yg dikunjungi punya cerita yang menarik buat saya dan juga peserta FamTrip dari 4 negara yang study di Semarang, Thailand, Jepang, Afganistan dan Mexico. Dan saya dari Indonesia. Hehehe.

Selain mengeksplore Solo, saya juga belajar jadi guide. Karena setiap hari harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris kalau ngobrol dengan mahasiswa asing.
Meski acara #FamTripSolo sudah selesai. Masih banyak hal yang menarik yang harus ditulis.

*catatan dari tumblr

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Acer Day Roadshow di Semarang