Review : Acara Temu Blogger Kesehatan di Semarang








Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang telah mencanangkan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Program ini lewat Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi dibeberapa kota, salah satunya Semarang dengan cara menggandeng bloger. Acara ini diikuti oleh 30 blogger dari Jakarta dan 20 Blogger dari Semarang pada tanggal 28 dan 29 Agustus lalu.


Apa itu GERMAS?

Program Germas sendiri adalah program yangdi inisiasi Presiden dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Tujuan Germas adalah untuk menurunkan beban penyakit; Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Program ini sudah didukung oleh 20 Kementrian RI

GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, apa sajakah itu?
1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari ,
2) Mengonsumsi buah dan sayur ,
3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit .

Menurut pak Indra, Kepala Biro Komunikasi dan Masyarakat Kemenkes, situasi media sosial saat ini yang bisa dibilang cukup memprihatinkan terutama isu soal hoax.
Berita bohong atau hoax masih harus diwaspadai masyarakat. Berdasarkan penelitian, berita hoax yang paling banyak beredar adalah soal kesehatan. Jadi kita harus memviralkan hal - hal positif tentang kesehatan. Usahakan untuk mendapatkan informasi yang tepat, sehat bermedia sosial dan sehat berperilaku . Dalam sosialisasi ini bloger diharapkan bisa menjadi duta anti hoax dibidang kesehatan.

Selain sosialisasi tentang GERMAS, juga dipaparkan materi tentang Wong Semarang Dukung GERMAS, Jateng Gayeng Dukung GERMAS dan tips terkait mendongkrak nilai blog, seperti visual bangunan tulisan, membuat Judul, lead, dan penutup, ungkapan/quote atau judul-judul karya terkenal.

Hari kedua Temu Blogger Kesehatan di Semarang dilanjutkan dengan Kunjungan Lapangan Tematik di Puskesmas Sidorejo Kidul dan Lawat Duver di B2P2VRP.


Komentar

Postingan populer dari blog ini