Begini Serunya Menyusuri Rawa Pening dengan Perahu Setum




Rawapening yang terletak di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Jawa Tengah ini menyimpan sejuta pesona. Danau ini juga mudah dijangkau posisinya. Berada di pinggir jalan raya Solo-Semarang atau Salatiga-Semarang.


Bicara soal wisata Kabupaten Semarang, saya belum bisa move on dari destinasi wisata ini meskipun saya hanya menghabiskan waktu selama 2 hari 1 malam untuk Mengenal Lebih Dekat Kampung Pelangi, Ambarawa. Cerita lengkapnya bisa dibaca disini.

Saya senang bisa menikmati Pesona Rawa Pening dengan cara yang berbeda. Pertama adalah Menikmati Pesona Sunrise Rawa Pening . Dan yang kedua adalah menikmati keindahan Rawa Pening dengan perahu setum atau perahu motor milik nelayan. Untuk menikmati Pesona Rawa Pening dengan Perahu Setum, kamu bisa lebih dahulu mengunjungi Kampung Pelangi Bejalen yang berada di Ambarawa.

Menyusuri Kaliweno...



Pengalaman berkeliling Rawa Pening dengan menggunakan perahu setum sangat menyenangkan. Satu perahu setum bisa memuat 3-4 orang. Untuk harga sewanya Rp 30.000/perahu. Sebelum susur sungai, pengemudi perahu memberi kami fasilitas seperti caping, jaket pelampung untuk keamanan. Waktu yang dihabiskan untuk berkeliling Rawa Pening dari Desa Bejalen kurang lebih sekitar 45-60 menit.

Perahu Setum perlahan bergerak menyusuri Kaliwerno yang berwarna cokelat. Arus disini juga cukup deras. Kapal bergoyang ke kanan dan ke kiri mengikuti ombak. Ada banyak orang yang kita jumpai disepanjang perjalanan. Ada yang memancing, mencari rumput, memberi makan ikan di keramba dan membawa pulang eceng gondok.

Pesona Rawa Pening



Perlahan pemandangan biru mulai menyapa. Langit Biru membentang luas, air Rawa Pening terlihat sangat biru bagaikan air laut dan ditambah lagi pesona 7 gunung bisa dilihat dari sini. Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Ungaran. Untuk gunung pendek seperti Telomoyo dan Andong juga terlihat jelas dari Rawa Pening. Subhanallah, pemandangan disini sungguh luar biasa indah.

Bapak driver (pengemudi perahu Setum) mengajak kami mampir sebentar ke keramba miliknya. Lalu perahu kembali berjalan perlahan menuju Kampung Rawa untuk mengambil sisa - sisa ikan untuk pakan ikan.



Kemudian kembali lagi ke keramba. Sambil menunggu Bapak driver memberi makan ikan, kami menikmati pemandangan disini. Sebelum lanjut berkeliling.

Ada banyak sekali eceng gondok di Rawa Pening, jadi nelayan yang tinggal disekitar Rawa Pening tidak hanya memelihara ikan di keramba tapi juga mencari eceng gondok sebagai mata pencaharian mereka.

Seru banget bisa menikmati pesona Rawa Pening dengan Perahu Setum. Sayang waktunya terbilang cukup singkat disini, padahal sudah berkeliling selama hampir satu jam dan berpanas - panasan dibawah terik matahari. Tapi kapan lagi bisa dapat kesempatan untuk melihat pemandangan seindah ini, ya kan?



Bicara soal Rawa Pening, beberapa waktu lalu saya membaca sebuah artikel yang menarik tentang Rawa Pening. Rawa Pening sesungguhnya bisa menjadi destinasi wisata air kelas dunia jika persoalan sedimentasi dan populasi eceng gondok bisa dikendalikan. Dengan gencarnya branding Rawa Pening ini dalam waktu dua tahun, danau seluas 2.700 hektar ini akan menjadi destinasi yang diperhitungkan. Hal ini dapat membantu mensejahterkan masyarakat di sekitar Rawa Pening melalui sektor pariwisata.

Kementerian Pariwisata berupaya menjadikan objek wisata Rawa Pening di Kabupaten Semarang sebagai destinasi wisata dunia. Kemenpar saat ini juga tengah melakukan pengujian standar (benchmarking) terhadap Rawa Pening. Untuk menjadi destinasi wisata dunia, objek wisata Rawa Pening harus bisa menyediakan infrastruktur berstandar global. Rawa Pening bisa diintegrasikan dengan paket wisata Candi Borobudur sehingga tidak terlalu berat untuk mendongkraknya, namun dengan syarat memenuhi unsur 3A yakni Atraksi, Akses dan Amenitas.

Semoga, Rawa Pening bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata Kabupaten Semarang yang berkelas Dunia. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan jika berkunjung ke Rawa Pening.

Nah, jika kamu berkunjung ke Rawa Pening, kamu juga bisa mengunjungi Destinasi Wisata Terbaik disekitar Rawa Pening lho...

Apa saja destinasinya?
1. Museum Kereta Api Ambarawa
2. Gua Maria Kerep
3. Umbul Sidomukti
4. Taman Jamu Indonesia
5. Candi Gedung Songo
6. Setia Aji Flower Farm
7. Wisata Kuda Metro Stables
8. Kopeng Treetop Adventure
9. Grojogan Klenting Kuning
10. Eling Bening

Ingin tahu lebih banyak mengenai wisata di Kabupaten Semarang? Kunjungi website kabsemarangtourism.com.

Yuk kenali Pesona Wisata Kabupaten Semarang!!!

(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Pesona Kabupaten Semarang




Komentar

  1. Waah Thifa pasti seneng banget diajak naik perahu ke sini

    BalasHapus
  2. hyaaa, aku masih penasaran sama eling bening. rawa pening juga belum explore. duh, PR jalan2 di jateng masih banyak ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak, piknik lagi explore jateng 😂

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini