Jelajah Wisata Kabupaten Semarang Bersama GenPI Jateng dan IMMJ



Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Jika kamu ingin menikmati wisata alam yang ada di Semarang, maka kamu bisa mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Semarang.



Bicara soal destinasi wisata di Kabupaten Semarang, saya memiliki sedikit cerita dan kenangan yang menarik disini. Yup, tepatnya 21 dan 22 April lalu, saya punya kesempatan untuk menjelajah wisata Kabupaten Semarang bersama GenPI Jateng dan IMMJ (Ikatan Mas dan Mbak Jawa Tengah) yang merupakan rangkaian kegiatan #LiveinBejalen.

Jadi apa itu #LiveinBejalen?

Merupakan sebuah kegiatan yang diadakan untuk Ikatan Mas dan Mbak Jawa Tengah (IMMJ) dan Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah (GenPI Jateng) yang tujuannya untuk mengenal potensi Desa Wisata Bejalen dan sekitarnya. Selain mengenal potensi Desa Wisata Bejalen saja, dua destinasi wisata kabupaten Semarang yang dikunjungi adalah  Museum Kereta Api Ambarawa dan Kampung Kopi Banaran.



1. Wisata Kampung Pelangi dan Rawa Pening

Saya merasa sangat beruntung mendapatkan kesempatan untuk berkunjung dan singgah di Desa Wisata Bejalen. Karena saya bisa mengenal desa ini lebih dekat dan apa yang menarik disini.  Desa Bejalen memiliki akses yang mudah dijangkau tepat dari jalur lingkar Ambarawa. Hanya butuh sekitar 15 menit Terminal Bus Bawen, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Daya tarik dari Desa Bejalen adalah Kampung Pelangi, yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang memiliki spot instagrammable di sepanjang Kali Werno. Tak jauh dari Kampung Pelangi, kamu bisa menikmati pesona Rawa Pening dengan jalan kaki dan naik perahu setum. Seru banget dehh!



2. Museum Kereta Api Ambarawa

Akhirnya kesampaian juga ke Museum Kereta Api Ambarawa, kabupaten Semarang. Pertama Kali kesini bersama temen - temen GenPI Jateng dan IMMJ di hari ketiga rangkaian acara #liveinbejalen dan sebelum kembali ke kota masing - masing.

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Pada tanggal 6 Oktober 1976 dibangun di Stasiun Ambarawa untuk melestarikan lokomotif uap. Ini merupakan museum terbuka yang terdapat pada kompleks stasiun.

Museum ini melayani kereta wisata Ambarawa-Bedono pp, Ambarawa-Tuntang pp dan lori wisata Ambarawa-Tuntang pp. Kereta wisata Ambarawa-Bedono pp atau lebih dikenal sebagai Ambarawa Railway Mountain Tour ini beroperasi dari museum ini menuju Stasiun Bedono yang jaraknya 35 km dan ditempuh 1 jam untuk sampai stasiun itu.

Seru banget bisa mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Bisa melihat koleksi lokomotif, telepon antik, peralatan telegraf Morse, bel antik, dan beberapa perabotan antiknya yang tersimpan dimuseum. Sayangnya, saat berkunjung kesini bersama GenPI Jateng dan IMMJ, kami belum dapat kesempatan untuk naik kereta wisata disini.



3. Kampung Kopi Banaran

Foto : @kampung_kopi_banaran

Setelah mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, destinasi selanjutnya adalah Kampung Kopi Banaran. Merupakan Wisata Agro yang berada di Jalan Raya Semarang - Solo Km. 35 dengan ketinggian 480 - 600 mdpl. Seru banget bisa keliling Kampung Kopi Banaran dengan Kereta Wisata ini, bisa menikmati pemandangan Kebun Kopi, Pegunungan dan Rawa Pening.

Jadi di Kampung Kopi Banaran tempatnya asyik banget lho, bisa melihat lebih dekat kebun kopi yang ada disini, juga menikmati aneka kopi yang mantap. Kampung Kopi Banaran juga memiliki fasilitas seperti arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang"



Komentar

  1. Asyiknyaa piknik rame-rame ya ismi :)

    BalasHapus
  2. Yuk diagendakan blogger jelajah kab.Semarang bareng hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini