Pasar Karetan Hadirkan Musik Keroncong


Menikmati alunan musik keroncong di tengah hutan karet di minggu pagi, sungguh sesuatu yang istimewa banget. Apalagi bisa sambil menyantap menu tradisional untuk sarapan. Suasana seperti ini hanya bisa ditemukan di Pasar Karetan.


Awal Januari ini Pasar Karetan sudah 10 kalinya diselenggarakan. Pasar Karetan sendiri merupakan destinasi digital yang dikelola oleh GenPI Jateng bertempat di Radja Pendapa Camp Segrumung Boja Kendal, yang berada dekat Mijen Semarang.

Pasar yang dibuka setiap Minggu pagi pukul 06.00 sampai pukul 11.00 selalu hadir dengan atraksi yang berbeda tiap minggu.


Setelah sebelumnya menghadirkan Karawitan, Pasar Karetan minggu kemarin (07/01) menghadirkan Musik Keroncong Angsoka Musik yang tampil memukau. Kapan lagi bisa menikmati Keroncong saat minggu pagi kalau bukan di Pasar Karetan, ya kan?

Sebagai Generasi Jaman Now, kita juga perlu mengetahui musik tradisional seperti keroncong. Musik keroncong sendiri merupakan musik Indonesia yang sudah ada di Jawa sejak abad ke - 16. Pada awalnya musik keroncong ini disajikan mayoritas dengan musik berdawai seperti ukulele, biola, dan juga Celo, sedangkan perkusi kadang juga digunakan.

Musik Keroncong memang enak dinikmati disaat yang tepat; acara, tempat dan suasana itu bertema tradisional. Jadi bisa sambil bernostalgia jaman dulu. Ditambah lagi dresscode juga Tempoe Doeloe. Kalau lagi nikmati musik keroncong rasanya rindu liburan ke Jogja dan ke Solo.

Hayo kapan nih terakhir kali kamu dengerin musik Keroncong?


Selain menikmati musik Keroncong, pengunjung Pasar Karetan juga bisa menyumbangkan suara merdunya dan bernyanyi bersama Angsoka Musik. Asyik deh.

A   : "Moy, kau ngga ikut nyumbang lagu pas banget lagunya Via Vallen?"

Me : "Wah, ngga biasa nyanyi didepan ribuan penonton. Anaknya gampang demam panggung kecuali pegang mic aja".

Yah maklumlah biasanya nyanyi di kamar mandi, kalaupun nyanyi depan orang banyak paling nyanyinya depan teman sendiri dengan suara lirih. Kalau pegang mic mentok jadi MC kalau lagi dapat tugas dadakan. hahahaha.

Pasar Karetan menghadirkan aneka menu makanan dan minuman tradisional, 1001 spot selfie, mainan tradisional, hammock sampai panahan.


Penampilan Tari Leak dari Anak - Anak Dusun Segrumung juga menjadi atraksi yang menarik perhatian pengunjung Pasar Karetan. Paket komplit deh pokoknya.

Jadi jangan lupa untuk dateng ke Pasar Karetan di Radja Pendapa Camp Segrumung Boja Kendal, dekat Mijen Semarang pukul 06.00 - 11.00. Kalau lewat dari jam tersebut, maka kuliner tradisionalnya sudah pada sold out.

Foto - Foto Pasar Karetan :









Kira - kira ada atraksi apa lagi ya minggu depan? Jazz? Akustik? Angklung? Penasaran? Stay tune terus deh dan jangan lupa follow instagram @pasarkaretan yaa....

baca juga :

Piknik ke Radja Pendapa Camp Semarang
Pengalaman Naik Grab ke Pasar Karetan


Komentar

  1. Huwooowww...tempat ini nggak ngebosenin ya... selalu seru dan punya sesuatu yg baru.

    BalasHapus
  2. Pasar karetan itu ada setiap hari apa kak?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Yuk main Sep sekalian kopdar. hehehehe

      Hapus
  4. Seru bgt ya, pernah liat liputannya di tv

    BalasHapus
  5. penasaran banget kakak, minggu depan apa ya

    BalasHapus
  6. Pengen kesana tapi kok jauh banget, ya ismy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket kok Bun, 45 menit dari Semarang :)

      Hapus
  7. Alhamdulillah pernah diundang genpi ke pasar karetan pas pertama kali buka, pengalaman tak terlupakan, sukses terus genpi jateng, radja pendapa dan pasar karetan ya 😀

    BalasHapus
  8. Waah seru yaa jadi tiap minggu acaranya beda2 ya ismi. Pengen ke sana lagi deh.

    BalasHapus
  9. Noted! Wajib bawa Ai ksni. Biar bisa belajar budaya sambil bermain.

    BalasHapus
  10. Wow! Keren! Di Lampung ada juga pasar digital macam ini, namanya Pasar Tahura, tapi aku belum sempat buat berkunjung, pengen~

    BalasHapus
  11. ga datang pas musik keroncongan, padahal suka dengerin musik keroncongan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini