Networking Day #buatnyatatujuanmu di Semarang


Halo gaes. Bagaimana kabar kalian? Kangen dengan tulisan di blog personal saya ini? Oke kali ini saya akan sedikit sharing mengenai pengalaman saya ikutserta dalam acara Networking Day #buatnyatatujuanmu yang diselenggarakan oleh Kapal Api dan Bekraf yang berlangsung di Impala Space Semarang (12/07).


Acara #buatnyatatujuanmu ini seru banget lho mengajak generasi muda untuk mewujudkan mimpinya, membuat usaha sendiri terlebih di bidang sosiopreneuship dan bagaimana memberikan dampak kepada masyarakat sekitar kita. Nah, Semarang adalah salah satu kota tujuan roadshow #buatnyatatujuanmu. Acara roadshow tersebut di konsep sederhana. Peserta bisa berkenalan langsung dengan para mentor lokal dan juga menambah teman - teman baru melalui acara roadshow yang dikemas dalam "Networkingday".

Dalam acara Networkingday yang berlangsung di Impala Space Semarang, ada sharing seru dari Kak Deasy (founder Kreskros.id) dan Kak Ayu (founder Du'ayam). Mereka berdua adalah cewek - cewek yang hebat dan menginspirasi.


Ide itu sederhana, tinggal bagaimana mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bernilai. 

Siapa yang menyangka bahwa sampah plastik dari limbah pabrik industri di Ambarawa bisa berubah menjadi produk - produk cantik seperti tas hingga totebag. Jika berpikir secara out of the box, maka tidak ada yang tidak mungkin. Melalui Kreskros, Kak Deasy berhasil menyulap sampah plastik menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Next success story datang dari Kak Ayu dari Du'anyam. Du’ Anyam adalah sebuah kewirausahaan sosial yang mengusung peran aktif dalam mengatasi masalah kesehatan ibu dan anak yang terjadi di NTT. Du’Anyam menggandeng para ibu dan wanita di daerah NTT untuk menganyam daun lontar sebagai satu alternatif pendapatan tambahan dari sekadar berladang.

Para ibu dan wanita tersebut kini sudah memiliki pendapatan lebih selain berkeringat di ladang pertanian. Dan hasil produk anyaman para ibu dan wanita di NTT kini sudah dipesan hotel - hotel besar, dijual melalui online dan sudah dijual hingga luar negeri.

Jadi apa yang bisa dipelajari dari sini? Ketika kamu memiliki sebuah ide, ada dua hal yang bisa kamu lakukan dengan ide tersebut. Realisasikan atau jangan ditulis sama sekali. Karena jika kamu punya ide tapi tidak kamu realisasikan, bisa jadi orang tersebut yang akan merealisasikan idemu.

Untuk mendukung pembuatan protoype sosiopreneur, Kapal Api mengadakan rangkaian sesi pelatihan, workshop tanpa terkecuali, yang diselenggarakan sepanjang rangkaian kegiatan #buatnyatatujuanmu pada periode September 2018 s/d February 2019.

Panitia akan memilih 50 (lima puluh) proposal usaha sosial terbaik dari seluruh Indonesia sebagai semifinalis. Dari hasil seleksi tahap final akan dipilih 1 (satu) pemenang program buatnyatatujuanmu yang berhak mendapatkan modal usaha hingga Rp. 250.000.000,- untuk menjalankan usahanya. Untuk informasi lengkapnya, kunjungi https://www.secangkirsemangat.id

Ayo buat nyata tujuanmu dan daftarkan ide kreatifmu sekarang!




Komentar

Postingan populer dari blog ini