Ikutan Workshop Vlog di Kampung Pesantren Kaliwungu


Hi teman, apa kabar?
Apa kamu rindu dengan tulisan saya di blog ini?

Sudah lama hampir dua minggu saya tidak menulis blog. Karena lagi banyak tugas kuliah dan Ujian Tengah Semester (UTS). Nah, berhubung UTS sudah selesai, jadi sekarang waktunya comeback menulis blog. Mungkin saya perlu membuat schedule baru untuk mengupdate blog ini. Hehehehe.


Meskipun jarang update blog, saya tetep bikin konten dong. Jadi, akhir - akhir ini saya suka membuat konten video blogging (vlog). Tapi saya lebih sering bikin vlog buat ikut lomba. Saya mencoba konsisten untuk membuat vlog dua kali seminggu. Biar channel YouTube saya tetap hidup.

Bulan Maret kemarin, saya ikutan Seminar YouTube di Kampus Unnes. Belajar dari Mas Wachid dan Bu Siti Astuti yang subscribernya sudah ratusan ribu. Belajar bagaimana memanage YouTube channel secara teori.

Nah minggu kemarin, hari Jum'at dan Sabtu tanggal 19 dan 20 April 2019, saya ikutan workshop vlog di Kampung Pesantren Kaliwungu. Di acara workshop ini saya banyak belajar bagaimana membuat konten vlog yang menarik. Dan serunya lagi, bikin konten dan proses editingnya pakai smartphone. Wahhh... senangnya. Sudah lama saya menunggu workshop seperti ini.

Hari pertama workshop, saya belajar tentang bagaimana bikin konten vlog dari Mbak Ruru Ghaya. Beliau sering banget keluar negeri lho. Saya suka dengan cerita beliau yang suka bawa uang koin saat Travelling. Dan itu jadi semacam personal branding. Setelah belajar tentang konten vlog, dilanjutkan dengan workshop basic photography bersama mas Ricky.

Bicara soal uang koin, saya jadi ingat dulu di komunitas sering banget ngumpulin uang koin. Dan uang koin itu bisa membawa kami ke Surabaya dan Makassar untuk acara blogger, juga Jakarta. Tapi kenangannya masih teringat sampai sekarang. Sekarangpun saya juga masih suka ngumpulin koin. Ya, semoga aja bisa untuk travelling ke luar negeri, someday. hehehehe.

Hari kedua workshop vlog, saya belajar tentang video editing simple dengan smartphone dari Ayah Achang. Editing dengan smartphone rasanya lebih simple dan menyenangkan. Tapi yang bagian sulitnya adalah ngedit green screennya masih harus belajar lagi.

Setelah belajar editing vlog, lanjut belajar bagaimana memaksimalkan channel bersama Cak Son. Yang terpenting ketika kamu sudah bisa bikin konten, maka kamu harus konsisten untuk bikin karya.

Jangan minder, kalau kamu cuma pakai smartphone untuk bikin konten. Maksimalin tuh apa yang kamu miliki dan semangat terus berkarya.

Vlog hasil ikutan kelas workshop bisa dilihat disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini