Belajar Ngeblog Karena Tugas Kuliah?


Sebulan yang lalu, salah seorang teman di Fakultas meminta saya untuk mengajarinya bikin blog. Nia, begitulah panggilan akrab teman saya yang mengikuti program SEA TEACHER ke Filipina.
Dia adalah seorang Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) di Kampus dan dapat kesempatan untuk Internship Program Sea Teacher di Filipina selama 1 bulan.

Seminggu lalu, Nia pulang dari Filipina dan kemarin kami berjumpa lagi dan bicara soal blog. Pulang dari Filipina, ia dapat tugas untuk membuat Writing Blog. If I get assessment like this, I'll be happy. Karena saya blogger.

Dan bagi seorang blogger seperti saya, adalah sebuah kebanggaan karena bisa ngajari teman saya ngeblog. Semoga tahun depan bisa dapat kesempatan untuk ikut program SEA-TEACHER. Amin.

Apa itu SEA-TEACHER?

SEA-TEACHER adalah program pertukaran mahasiswa jurusan kependidikan untuk melakukan praktik mengajar di negara-negara ASEAN. Merupakan salah satu program dari SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) . Program ini mulai dilaksanakan tahun 2016.

Info lengkapnya ada di official website SEA - TEACHER 

Dan yang menarik di laman SEA - TEACHER ini ada Blog Mahasiswa yang ikut program SEA TEACHER dengan nama tautan Student Stories.

Mahasiswa dan Blogging 

Waktu ngajari Nia soal blogging, saya jadi inget teman saya yang dulu ngajari saya ngeblog pernah bilang seperti ini :
"temenmu di kampus ada yang ngeblog?"

"Kayaknya sih ngga ada. Sudah cari blogger di Kampus, kalau ada yang ngeblog pasti karena tugas kuliah", jawab saya.

Ya mungkin sekarang pun kalau ada mahasiswa yang punya ngeblog itu lebih dominan karena tugas kuliah. In my opinion, Kalaupun ada yang ngeblog secara profesional, ya bisa dihitung beberapa. Dan bisa juga karena ia bergabung dengan komunitas blogger.

Jadi, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang ngeblog selain sebagai tugas kuliah :

- Untuk menyalurkan hobi menulis
- Sebagai media belajar
- Sebagai media untuk penelitian
- Sebagai portofolio.
- Sebagai pekerjaan (untuk yang profesional)

Ngeblog itu punya banyak manfaat. Ya meskipun banyak orang yang bilang : "ngapain sih ngeblog?"
"dari ngeblog emang kamu dapat apa?"
"ngeblog itu cuma buang - buang waktu..."

Tapi bagi mereka yang memahami pekerjaan seorang blogger. They will appreciate what a blogger do, no matter what. Bagaimana menurut kamu?

For my friend, mungkin kamu baca blog ini, mungkin saya tidak banyak membantu kamu dalam ngeblog. Saya bangga karena kamu cepat belajar. Hehehehe. Semoga sukses dengan tugasmu dan apa yang saya share bermanfaat. #ceritareceh.

Komentar

  1. ilmunya bermanfaat namun jangan lupa juga dengan ilmu lain soal buah Nanas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini