Menebar Kebaikan di Tengah Pandemi Covid - 19



Apakabar teman - teman? Tak terasa sudah lebih dari sebulan #dirumahsaja karena himbauan dari Pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona atau sering disebut dengan Covid - 19.

Ada rasa senang dan sedih yang datang silih berganti. Tapi dibalik pandemi ini ada hikmah yang bisa kita ambil yaitu, belajar lebih sabar, belajar lebih disiplin dan belajar untuk lebih peduli.

Awal mulai dirumah saja ada rasa sedih, karena harus non aktif bekerja. Lalu saya mencoba melakukan beberapa kegiatan positif dirumah. Seperti kuliah online, belajar memasak, bersih - bersih sampai mengasuh keponakan. Untuk hiburan saya kadang bikin video, ikut challenge bikin video tentang Covid - 19, main tik tok dan nonton drama korea. hehehehe.

Meskipun dirumah saja, saya dan teman - teman Komunitas Admin Instagram Kendal membuka donasi untuk Peduli Covid 19 pada tanggal 18 - 29 Maret lalu.


Alhamdulillah, terkumpul donasi sebesar Rp 11.120.000,- dimana hasil donasi tersebut disalurkan ke Rumah Sakit Soewondo Kendal dan 30 Puskesmas Kendal berupa APD (Alat Pelindung Diri). Dan donasi berupa masker non - medis kami bagikan ke tukang becak, tukang parkir, dan warga di sekitar rumah sakit. Karena disana masih banyak warga yang belum menggunakan masker.

Kami mengajak netizen terutama pengguna sosial media untuk lebih peduli dengan sesama dan bergotong - royong melalui hal kecil yang bisa dilakukan dari rumah. Hasil donasi kami salurkan berupa APD karena petugas medis sangat memerlukan APD, dan mereka adalah garda terdepan dalam pandemi Covid - 19.


Menebar Kebaikan dimulai dari diri sendiri 

Mengutip dari vlog Nars Daily "Corona Virus give us opportunity to see the act of kindness".

Ya, karena pandemi banyak orang menebar kebaikan. Ada yang berdonasi untuk tenaga medis, dan ada pula yang berbagi sembako untuk warga yang terkena dampak dari Covid - 19. Dimasa sulit seperti ini, kita harus bergotong - royong untuk membantu sesama. Karena dengan bergotong - royong maka sesuatu yang rasanya berat untuk di pikul sendiri akan menjadi ringan.

"Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik". QS. Al-Baqarah: 195

Ketika kita melakukan kebaikan, Insya Allah kebaikan yang lain akan mengikuti. Menebar kebaikan itu bisa dimulai dari diri sendiri, dan ajak orang lain juga untuk melakukan kebaikan.

"Barang siapa yang berbuat kebaikan (sebesar biji dzarrah), niscaya dia akan mendapatkan (balasan) nya. Dan barangsiapa yang berbuat kejahatan (sebesar biji dzarrah) niscaya dia akan menerima balasannya pula". QS. Az - Zalzalah : 7 - 8

5 Kebaikan Berbagi  :

1. Kebaikan akan membuat kita mendapat perlakuan serupa dari orang lain
2. Meski mungkin dibalas dengan kejahatan, sifat baik akan mendorong kita untuk memiliki rasa ikhlas
3. Kebaikan yang kita lalukan akan menjadi penolong disaat yang tidak terduga.
4. Tidak ada hal yang sia - sia. Karena kebaikan yang kita lakukan pasti akan bernilai.
5. Yang terpenting adalah terus lalukan kebaikan.



Menebar Kebaikan di Bulan Penuh Berkah

"Wahai pencari kebaikan bersegeralah (menuju kebaikan). Wahai pencari keburukan, berhentilah (dari keburukan). Allah membebaskan (seorang hamba) dari api neraka pada setiap malam (Ramadhan)". HR Tirmizi.

Alhamdulillah Bulan Ramadhan kali ini berbeda karena pandemi Covid - 19. Meskipun banyak rutinitas yang harus dibatasi, namun kita bisa menebar kebaikan. Seperti berbagi ta'jil, memberi makanan untuk orang yang berpuasa dan berzakat. Melihat situasi sekarang ini, banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita. Solusi yang bisa kita lakukan saat ini adalah dengan membayar zakat.

Di masa pandemi ini, Kementrian Agama menyarankan untuk mengoptimalkan Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf agar dapat membantu mereka yang membutuhkan.

Seperti yang terdapat dalam :
• Fatwa MUI No.23 tahun 2020
• SE. Menteri Agama No.6 tahun 2020

Meskipun #dirumahsaja kita bisa lho bayar zakat dengan mudah melalui Dompet Dhuafa. Karena Dompet Dhuafa ikut mendistribusikan Tebar Zakat Fitrah hingga wilayah terpelosok. Dengan menunaikan zakat fitrah Rp 50.000,- sahabat sudah ikut berkontribusi membantu dhuafa yang terdampak Covid-19.

Tebar Zakat Fitrah bisa disalurkan melalui:
BCA 237.7878.783
Bank Muamalat 340.0000.482.
A.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Yuk lakukan kebaikan, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang!


“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Komentar

  1. Sekecil apapun bantuan yang kita berikan kalau dilakukan secara bersama-sama tentu akan membuahkan hasil yang besar dan bermanfaat buat orang lain Semoga kita bisa menjadi bagian dari orang yang kecil itu ( Milda)

    BalasHapus
  2. Aku juga menyadari di tengah wabah Covid-19 ini banyak orang yang menebarkan kebaikan dengan berbagai media dan cara. Semoga terus mengalir ya.

    BalasHapus
  3. Kalau aku bilang saat ini bukan hanya fisik yang diuji tapi juga mental mba. Dan mau berbagi adalah poin saat pandemi ini

    BalasHapus
  4. Nggak kurang-kurang ya Mbak, Allah mengingatkan di dalam tuntunan hidup kita, Al Qur'an mengenai seruan berbuat kebaikan. Tentunya Allah selalu pasti dalam setiap janjinya. Termasuk ganjaran dari melakukan kebaikan.

    Apalagi di masa pandemik ini, saling tolong menolong lah yang akan membawa satu sama lain saling bertahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari berlomba - lomba dalam kebaikan. 😊

      Hapus
  5. Di masa-masa kayak gini menebar kebaikan pada sesama emang kudu di kencangkan sih mbak, apalagi Korona banyak membuat PHK dan beberapa problem bagi orang2. Semoga berkah dan semangat selalu dalam berbagi kebaikan :)

    BalasHapus
  6. Indahnya berbagi..
    Semua kejadian pasti ada hikmahnya yaa...
    Keren, mashaAllah...donasinya terkumpul dan bisa disalurkan kepada yang membutuhkan.
    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah disalurkan ke RS dan 30 puskesmas. Juga tukang becak dan tukang parkir.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini