Kuliah Online di Rumah Saja


Sejak Covid - 19 menjadi pandemi global dan pemerintah menghimbau untuk #dirumahsaja dan #belajardirumah serta social distancing untuk mencegah virus agar tidak menyebar semakin luas.
Seminggu ini banyak hal yang berubah. Salah satunya adalah kuliah. Yang semula offline menjadi online sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Sudah lama saya punya keinginan untuk kuliah online, agar bisa sambil bekerja. Karena pandemi yang terjadi saat ini jadi bisa merasakan kuliah online itu seperti apa. Kuliah online ternyata menyenangkan; diskusi lewat whatsapp, presentasi lewat whatsapp, ngerjain tugas di google classroom dan bikin video. Yang penting punya kuota yang cukup untuk online.

Awal mulai #dirumahsaja tentu bosan, malas, pengen rebahan tapi setelah sepekan jadi mulai terbiasa. Ada hikmah yang bisa di ambil secara dari kuliah secara online di rumah. Grup kelas lebih ramai ngomongin kelas dan mata kuliah, ada kalanya dosen memberikan tugas sesuai dengan jadwal kuliah tatap muka dan diskusi materi kuliah yang diajarkan. Menurut saya, kelas menjadi lebih interaktif.

Dan karena tidak perlu ke kampus untuk 14 hari (kemungkinan akan bertambah masa #dirumahsaja), saya bersyukur karena setiap hari tidak keluar uang untuk beli bensin dan makan siang, serta tidak perlu menggunakan make up. Cukup bare face atau pakai skincare aja. hehehe.

Setiap hari update whatsapp untuk informasi dan tugas dan materi kuliah. Kadang hari sabtu ada penugasan meski normalnya tidak ada perkuliahan. Ya, namanya perkuliahan online tugas dan absen itu sangat - sangat penting.

Kadang sambil nemenin main ponakan dirumah, sambil ngerjain tugas kuliah. Untuk waktu penugasan juga jadi flexibel.

Saat ini saya masih memikirkan tentang proposal saya yang sebenarnya masih butuh bimbingan agar bisa sidang compre. Tapi ya mungkin saya harus konsultasi lebih dulu untuk bimbingan online. Mungkin harus menunggu saat yang tepat untuk sidang compre.

Semoga wabah yang sedang terjadi ini segera berakhir. Bumi butuh istirahat dan kita semua harus beristirahat sejenak mengejar dunia, agar kita lebih banyak mendekatkan diri kepada Tuhan dan menghabiskan waktu bersama mereka yang kita cintai (keluarga).

Nah, buat kamu yang punya passion rebahan, saatnya kamu untuk berkontribusi dengan #dirumahsaja, dan belajarlah dengan sebaik mungkin. Sambil belajar, sambil cari challenge #dirumahsaja biar tetap produktif berkarya.

Baca juga :
Belajar Ngeblog Karena Tugas Kuliah 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Acer Day Roadshow di Semarang