5 Alasan Kenapa Wajib Datang ke Festival Kota Lama 2017



Festival Kota Lama yang telah berlangsung sejak tahun 2012 merupakan salah satu alat untuk memicu agar masyarakat bergerak bersama melestarikan kawasan ini tanpa melihat perbedaan untuk mempersiapkan Kota Lama menuju World Heritage 2020 dari UNESCO.

Dalam perkembangannya, di tahun 2015, Kota Lama Semarang masuk dalam tentative list UNESCO, yaitu nominasi daerah yang berpotensi menjadi Warisan Dunia (World Heritage). Dengan adanya predikat tersebut, Kota Lama diarahkan menjadi destinasi wisata International.

Tentu dibutuhkan penataan dan pengolaan secara baik dari hari ke hari, baik bangunan, lingkungan, masyarakatnya sehingga layak sebagai sebuah destinasi wisata International. Tidak lagi menunggu siapa yang akan memulai, siapa yang berwenang, siapa yang memiliki tanggung jawab, "kerja bersama" antara masyarakat, pemerintah, institusi pendidikan dan komunitas harus dimulai dari sekarang.

Maka tahun 2017, Oen's Semarang Foundation (OSF) bekerjasama dengan stakeholder Kota Lama, rekan - rekan Kota Lama, dan beberapa komunitas berdomisili Belanda, serta masyarakat dan komunitas yang turut peduli dengan Kota Lama menyelenggarakan Festival Kota Lama 2017.

Festival Kota Lama yang memasuki tahun keenam Tema "Sepanjang Jalan Kenangan", dalam Festival Kota Lama 2017, 23 - 24 September ini, bersama seluruh masyarakat bersenang - senang disepanjang jalan kenangan (Jalan Merak).

Nah, kamu masih mikir-mikir untuk datang ke acara ini? Udah enggak usah mikir ini nih alasan kenapa kamu wajib banget datang ke Festival Kota Lama 2017...

1. Suasana Kota Lama Tempoe Doeleoe

Sama seperti tahun sebelumnya, kamu bisa menikmati suasana Kota Lama Tempoe Doeloe di Festival Kota Lama 2017, mulai dari Pasar Sentiling, gala dinner, fashion Show, Street dance, talkshow dan acara menarik lainnya.

2. Fashion Show Karya House of Pinky dan  LPTB Susan Budi Semarang

Untuk menampilkan karya - karya House of Pinky yang akan dipresentasikan oleh murid - murid Pinky Hendarto. Selain itu Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budi Semarang bekerjasama dengan pengrajin batik khas Semarang akan menampilkan hasil karya batik yang kebanyakan diambil dari Kampung Batik Semarang.

3.Menari Bersama di Sepanjang Jalan Kenangan

Acara Gala Dinner akan dimeriahkan oleh Karawitan Gamelan dan Tari dari Panitypan Balemong, Artis Hanny Purwonegoro, Line dance dari Neneng Dancer dan Paguyuban Seni Otty Panoejoe yang diiringi lagu belanda tempoe doeloe. Semua komunitas dan tamu undangan akan menari bersama. Akan ada doorprize dan pemilihan gaun tempoe doeloe terbaik yang dipilih dari para hadirin yang hadir.

4. Walktour Bersama Bersukariawalk

Festival kota lama hadir kembali, bersukaria akan ikut meramaikan dengan walking tour. Ada beberapa pilihan jadwal yang bisa kalian pilih loh. Peserta akan diajak keliling  Kota Lama. Untuk rute walktour sendiri dari mulai Gereja Blenduk - Gallery UKM - Jalan sebelum Monodhuis - Jalan Kepodang - Mpu tantular - Jalan Garuda - Polder Tawang - Semarang Contemporary Art Gallery - Kembali ke Taman Srigunting.

5. Ada Talkshow Komunitas dan Banyak Lomba - lomba yang menarik.

Selain empat acara menarik diatas, akan ada Talkshow komunitas tentang Kota Lama dan Kita yang akan diisi oleh GenPI Jateng dan Explore Semarang. Juga banyak lomba - lomba menarik yang bisa diikuti, mulai Rally Photo, Instagram Contest dan Line Dance Competition.

Festival Kota Lama 2017 akan menjadi ruang persahabatan antara Indonesia dengan Belanda. Festival Kota Lama keenam ini diharapkan menjadi kegiatan berskala internasional dengan bekerjasama dengan beberapa pihak mancanegara.

Kuno, kini dan nanti memiliki tugas mengikat, menyambung hubungan antara masa lalu dengan masa depan. Karena tidak ada masa depan tanpa adanya masa lalu.

Rundown Acara Festival Kota Lama



Denah Lokasi Acara


Kantong Parkir


Ingin tahu lebih banyak tentang Festival Kota Lama 2017? Temukan jawabannya disini.

Instagram : @festivalkotalama
Visit : www.festivalkotalama.com




Komentar

  1. Wah sepertinya bakalan jadi acara seru nih. Pengen datang tapi kok di Jogja tanggal segitu juga ada acara kece.

    Kota Lama ini tempat paling favorit dan selalu kukunjungi kalau ke Semarang. Sate di depan gereja blenduk enak soalnya hehe.

    BalasHapus
  2. Pengen walking tour, tapi hari itu aku tour sepeda ke 4 museum.

    BalasHapus
  3. walking tour kayaknya seru, ada guidenya juga kan ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini