Peran Generasi Millenial dalam Membangun Bangsa



Anak jaman now sering disebut dengan generasi millenial. Mereka tidak bisa lepas dari teknologi dan internet. Generasi Millenial lebih melek dengan teknologi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bisa dikatakan generasi millenial lebih toleran dan tidak menganal batasan mereka sangat kreatif, aktif dan inovatif. Generasi Millenial diharapkan mampu menciptakan konduktivitas dunia maya dengan konten – konten yang positif.


Hari  ini (09/12) Kementrian Komunikasi dan Informasi RI mengadakan acara flash blogging di Semarang dengan tema 4 Tahun Indonesia Kreatif. Bertempat di  PO Hotel, acara ini diikuti oleh pelajar, blogger dan media. Acara dibuka oleh Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Kemkominfo RI, Ibu Rosarita Niken Widiastuti dan dilanjutkan dengan pemaparan dari bapak Handoko (Staff Komunikasi Presiden) dilanjutkan dengan live perform dari Indah Laras dan Dongeng Cak Kardi oleh Bapak Sukardi Rinakit (Staff Presiden, Pengamat Politik dan Penulis)

Pencapaian 4 Tahun Pemerintahan Presiden Jokowi

Empat tahun dibawah pemerintahan Presiden Jokowi. Indonesia memiliki banyak pencapaian yang positif. Tahukah kamu bahwa kreativitas masyarakat setiap hari kian meningkat.Dengan dukungan dari dari pemerintah, Indonesia diprediksi akan menjadi  negara maju pada tahun 2030 menurut Price Water House Cooper. Ada beberapa tanda – tanda yang sudah kita rasakan saat ini. 4 Tahun Pemerintahan Jokowi, berikut beberapa pencapaian yang sudah bisa kita rasakan saat oleh masyarakat ini.

Pertama, Negara Indonesia  menempati klasemen keempat dalam ASEAN GAMES 2018. Ada pun prestasi yang diraih adalah 30 emas, 23 perak dan 37 perunggu. Tentu semua itu tidak lepas dari kerja keras atlet,pelatih dan dukungan pemerintah secara khusus dan fokus sehingga Indonesia bisa berhasil meraih prestasi

Kedua, Angka kemiskinan menurun hingga 5,13%. Hal ini dipengaruhi oleh adanya dana desa. Dengan adanya peluang kerja di desa, tentu  ini mendorong kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat desa. Kreativitas yang luar biasa mampu memberdayakan masyarakat dan membangun relasi.

Ketiga,  Diberlakukan tarif BBM 1 harga. Sehingga harga BBM di Papua yang dulu mencapai sekiar  60.000/liter sekarang harga perliternya sama dengan harga BBM yang ada di Semarang.

Keempat, Pembangunan infrastruktur. Karena pembangunan infrastruktur di pinggir Jawa dan Indonesia bisa mengurangi  jarak yang dulu jauh kini menjadi dekat, perekonomiam masyarakat meningkat 5%.. Sektor pariwisata menjadi primadona. Baik masyarakat di desa maupun di  kota sudah bisa merasakan perubahan di masa kepemimpinan Presiden Jokowi.  

Peran Generasi Millenial dalam Indonesia Kreatif

Kreativitas masyarakat setiap hari kian meningkat. Setiap lini baik di desa dan di kota didorong produktivitasnya. Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) turut mendorong kreativitas dan produktivitas generasi millenial dengan menyediakan kurang lebih 20.000 beasiswa.Harapannya generasi millineal bisa ikut berperan dalam kemajuan bangsa.

Dengan kemajuan teknologi, generasi millenial bisa menciptakan kreativitas, aktif dan inovatif dalam membangun bangsa. Memanfaatkan teknologi dan internet dengan positif dan berupaya menciptakan dan menjaga konduktivitas dunia maya dengan konten – konten positif baik dengan tulisan, foto, video maupun desain grafis.

Informasi negatif mempengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku. Kita jadi mudah terpengaruh oleh kata – kata netizen. Oleh karena itu kita harus selalu READY. Bertanggung jawab dan menggunakan internet dengan bijak, memilah informasi sebelum membagikan kepada orang lain dan melawan hoax. Hoax, berita bohong dan terorisme membuat internet dan dunia maya tidak konduktif. Mari kita sebarkan konten – konten positif di internet dan dunia maya.

Kreatifitas itu bisa diasah dan juga dikembangkan. Kita bisa berkolaborasi untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. Kolaborasi bisa berupa apa saja, kolaborasi budaya dengan musik dan teknologi. Semua bisa cocok asal kolaborasinya tepat. Seperti kolaborasi Cak Kardi dan Indah Laras,  penulis, penyanyi dan pemain alat musik, acara jadi seru dan hebohh banget. 

Tinggal kamu ingn memulai dari mana? Menjadi kreator, orang yang peduli, orang biasa, pahlawan, cendekiawan atau eksplorer? Apapun yang kamu pilih tetap fokus pada satu titik agar kita bisa meraih juara. Karena Kerja Kita Prestasi Bangsa.

“Membangun Indonesia adalah investasi untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan untuk menuju Indonesia Maju – Presiden Jokowi”

(Foto : dotsemarang)


Komentar

Postingan populer dari blog ini