Radjawali SCC : Gedung Kesenian Bertaraf International di Semarang



 Assalamu’alaikum Sahabat....

Kalau melihat perkembangan kota Semarang dua tahun terakhir tentu sangat menarik. Semarang semakin hebat dan semakin cantik. Itulah yang saya rasakan ketika pagi sampai sore saya menghabisakan waktu di kota ini untuk kuliah. Gedung – gedung tinggi, taman kota yang makin cantik hingga Bridge Fountain Semarang yang menjadi daya tarik baru kota Semarang.



Hari selasa kemarin (05/03) saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri pre-launching Radjawali Semarang Cultural Center (Radjawali SCC) yang terletak di Jalan Kapten Tendean 32 Semarang. Gedung kesenian ini hadir sebagai wadah seni dan budaya untuk para penikmat seni dan budaya yang ada di Kota Semarang dan Indonesia, dengan inovasi dan stantar multi service yang tinggi sehingga menjadi pusat seni budaya yang dapat menjadi kebanggaan Kota Semarang dan Indonesia di mata dunia.




Menurut Bapak Andre Handrijana (General Manager Radjawali SCC), Nama Radjawali diambil dari nama sekolah dasar yang didirikan oleh ayah pendiri Gedung ini, dimana sekolah dasar tersebut berada di daerah Juwana Kabupaten Pati. Selain itu, Radjawali SCC ini dibangun sebagai wujud terima kasih pemilik Gedung Radjawali SCC yang telah dihabiskan di Semarang.


Radjawali SCC miliki Gaya Arsitektur yang Menawan

Pertama kali saya mengunjugi gedung saya merasa terpukau. Gaya arsitektur yang dihadirkan gedung ini sangat menawan demikian interiornya. Kolaborasi tradisional dan modern sangat kental. Dari segi arsitektur, gedung ini terinsprasi dari kekayaan alam dan budaya yang terdapat di Indonesia lho. Nah ada 3 unsur penting yang dipresetasikan dari hutan, laut dan batik. Hutan melambangkan kebijaksanaan, laut melambangkan keberagaman dan batik melambangkan ciri khas dan kebudayaan dan kebanggaan Indonesia.

Gedung Radjawali SCC memiliki 3 bagian utama. Apa saja?
1.      Outdoor Plaza : ruaang difungsikan untuk kegiatan outdoor dan area parkir.
2.      Multifanction Hall : Terletak di lantai pertama. Bagian ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pameran karya seni dan acara pribadi (ulang tahun dan acara pernikahan). Tinggal menambahkan dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan.
3.      Performance Hall : Terletak di lantai dua dan tiga gedung ini. Berkapasitas 279 penonton, panggung utama, LED Videotron dan Ruang FOH ( Front Of House) sebagai ruang untuk sound engineer, operator lighting dan multimedia.




Performance Hall dan Citrarasa International


Jadi sahabat, waktu kemarin saya mengunjungi Radjawali SCC, saya dan beberapa undangan lainnya diajak ke Performance Hall, setelah di jamu dengan coffee break. Performance Hall yanng terletak di lantai 2 ternyata sangat besar. Dilengkapi dengan 279 kursi, panggung berukuran 16 x 7 meter, dan LED Screen berukuran 12 x 6 meter. Design interior di ruangan ini sangat luar biasa keren dan bertaaraf international lhoo sahabat.

Interior Performance Hall terinspirasi dari sayap burung rajawali yang dipresentasikan garis – garis tegas serta limasan yang jika diperhatikan dengan seksama menyerupai sayap burung rajawali yang menaungi para penampil. Sayapnya begitu megah dan berwibawa.


LED Screen yang berada diatas panggung, membuat performance seperti tari, musik dan teatrikal terlihat hidup. Nah, waktu kemarin para balerina dari Maranatha Ballet menunjukkan penampilannya, saya sangat kagum seolah berimajinasi sedang berada di dunia dongeng dimana banyak peri menari dengan bahagianya disana. luar biasa sekali, paduan suara dan teather juga nampak makin menarik dan berkelas.

Selain Interior dan LED Screen,di ruang ini juga terdapat ruang Front Of House (FOH) untuk mengontrol screen engineer, lighting dan multimedia. Dan yang istimewa di FOH adalah audionya gaess.


Menurut Mas Agha Setyo, mixer yang digunakan juga sudah bertaraf International. Untuk lebih lengkap mengenai interview dengan Mas Agha akan saya share di vlog saya. Hehehheehe.
Pertama kalinya, Semarang punya Gedung Kesenian yang sekeren ini untuk mendukung kreatifitas anak bangsa. Kamu cah Semarang harus merasa bangga lho sahabat.

Jadi kalau kamu punya acara kesenian ataupun olahraga dan butuh tempat untuk support acara kamu, nah kamu bisa datang langsung ke Radjawali SCC di Jalan Kapten Tendean no. 32 Semarang.

Well, Radjawali SCC itu keren banget, tidak hanya dari gedung dan interiornya, saya rasa strategi marketingnya juga sudah cukup baik karena mengundang blogger dan influencer untuk mengenal gedung kesenian ini lebih dekat dan juga mengadakan kompetisi foto untuk undangan. 

Semoga bisa terus bersinergi dengan semua stakeholder yang ada di Semarang dan Indonesia, juga punya event – event keren yang rutin diselenggarakan selain olahhraga, seperti pentas seni malam minggu, event jazz, dance competition dan lainnya. Karena saya lihat potensinya sangat bagus untuk berbagai macam kegiatan yang positif dan mengandung unsur seni dan budaya.

For Information :
Gideon Guruh (Event & Marketing Manager Radjawali SCC)
Phone : 081235579934






Komentar

  1. Keren sekali gedung ini ya.. semoga aku berkesempatan menikmati pertunjukan seni di sini, kapan2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini