Ngobrol Tempo : Mengenal Manfaat Fintech untuk UKM


Assalamualaikum Sahabat.

Hari Rabu kemarin dapat kesempatan untuk ikutan acara Ngobrol Tempo tentang Manfaat Ekonomi Fintech Lending bersama temen - temen komunitas Blogger Perempuan Semarang yaitu @gandjelrel. Acara ini berlangsung di Balaikota Semarang. Dihadiri oleh beberapa undangan dari Komunitas @gandjelrel dan Penggiat UKM Semarang.


Yuk kenali Apa itu Fintech? 

Fintech (Finance Technology) menjadi trend di era digital saat ini. Teknologi ini bekerja di area perbankan, peminjaman, dan lainnya. Fintech membuat persepsi kita berubah. Kalau sebelumnya, proses pinjaman untuk modal bisnis hanya bisa melalui bank dengan proses yang rumit dan melelahkan. Sekarang lebih mudah dan praktis lewat online dan memberikan akses yang mudah untuk UKM.


Bisnis Model Fintech Lending yang perlu kamu tahu... 

Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) atau Fintech Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan yang mempertemukan Pemberi Pinjaman (Lender) dengan Penerima Pinjaman (Borrower) dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Sesuai dengan POJK 77/2016, Fintech Lending dapat berkolaborasi baik dalam mendukung program Pemerintah; kerjasama dengan Industri Jasa Keungan (IJK) seperti perbankan, pasar modal, perusahaan pembiayaan, perusahaan pergadaian, perasuransian dan penjaminan, serta BUMDes/BUMADes; dan/atau lembaga donor.


Begini cara Fintech Membantu Perkembangan UKM

Bicara soal Fintech di era teknologi ini seperti ini sangat menarik. Dalam acara Ngobrol bareng Tempo mengenai Manfaat Fintech Landing, saya belajar bagaimana cara Fintech membantu perkembangan usaha terutama UKM.

Fintech membantu UKM untuk melakukan pinjaman secara online. Hanya dengan smartphone bisa melakukan pinjaman tanpa ribet. Sekarang jamannya serba online jadi tinggal klik saja. Tentu syaratnya harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pinjaman. Karena bagi UKM menjaga dan membuat laporan keuangan tentu butuh proses dan waktu.

Tekhnologi ini tentu menjadi solusi untuk UKM. Dengan adanya Fintech, Pemilik bisnis atau UKM bisa mengatur pembayaran pinjaman, dalam hal ini tentu untuk memudahkan cash operation. Pembayaran tagihan bisa dilakukan hanya dengan smartphone. Dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi Fintech (Finance Teknologi), sebagai pemilik usaha maupun UKM tentu kita harus pintar dalam memilih Fintech untuk bisnis yang anda miliki sekarang.

Seru banget dari acara Ngobrol Tempo dan OJK tentang Manfaat Fintech Lending menambah pengetahuan tentang pembiayaan usaha terutama di bidang UKM. Terima kasih atas ilmunya dan kesempatan yang diberikan untuk bisa jadi hadir diacara ini.

Dengan teknologinya, kolaborasi itu jadi lebih menarik ! UKM bisa juga lho berkolaborasi atau bekerjsama dengan komunitas blogger. Bukan hanya di bidang Pariwisata saja. 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini