Kemeriahan Festival Karimunjawa 2018



Sudah sepekan berlalu, nyatanya Karimunjawa masih membuat saya belum bisa move on sampai sekarang. Mereka saja yang sering bolak – balik ke Karimunjawa kadang masih merasa rindu untuk kembali piknik kesini, apalagi saya yang jarang piknik ke pantai. Fix, Karimunjawa bikin saya susah move on!


Jadi minggu kemarin, tepatnya tanggal 28 – 30 September 2018, saya mendapatkan kesempatan mewakili GenPI Jateng untuk mengikuti rangkaian acara Famtrip Disporapar Jateng mengexplore destinasi wisata Karimunjawa . Sepenggal kisah tentang Famtrip tersebut sudah saya tuliskan disini. Jadi selain ada kegiatan Famtrip, di Karimunjawa juga sedang berlangsung rangkaian acara Festival Karimunjawa 2018 lhoo....

Ketika sampai ke Karimunjawa, saya lihat acara Festival Karimunjawa 2018 sangat meriah, apalagi ada penampilan Congrock yang memukai. Let me tell you about this event.

Tentang Festival Karimunjawa 2018

Festival Karimunjawa 2018 merupakan rangkaian kegiatan dari promosi destinasi wisata Jawa Tengah yang diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Beberapa rangkaian kegiatan yang hadir dalam sepekan Festival Karimunjawa 2018 mulai dari 25 – 30 September 2018 meliputi lomba perahu hias, lomba blog, lomba fotografi, lomba memancing, pagelaran wayang dan masih banyak lagi.

Konsep acara sangat menarik. Karena mengangkat tradisi dan budaya yang masih melekat di Karimunjawa. Masyarakat, wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara juga sangat menikmati acara ini. Terutama acara yang berlangsung dipanggung utama pada akhir pekan. Saya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan langsung untuk menyaksikan Festival Karimunjawa 2018. 



Launching Festival Karimunjawa 2018



Dalam acara Festival Karimunjawa yang berlangsung pada tanggal 29 September 2018, secara resmi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, yaitu bapak Urip Sihabuddin melaunching Festival Karimunjawa sebagai salah satu acara tahunan Jawa Tengah. Dalam acara ini, juga dimasukkan pagelaran seni budaya seperti Barikan Kubro yang menjadi daya tarik agar wisatawan juga ikut nguri – uri budaya.

Dalam sambutannya, bapak Urip juga mengatakan bahwa jika wisatawan bisa lebih lama di Karimunjawa atau lebih dari tiga hari, maka akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat setempat. 

“Kami berharap tahun depan evennya lebih banyak lagi sehingga wisatawan manca bisa lebih lama di sini (Karimunjawa)” tegasnya.

Penampilan Congrock yang memukau


Malam minggu, apalagi yang dinantikan kalau bukan musik. Kolaborsi Keroncong dan Rock tentu menjadi daya tarik sendiri yang istimewa apalagi bisa menarik perhatian dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. 

Setelah sambutan – sambutan dari perwakilan Bapak Gubernur dan Ketua Disporapar Jawa Tengah, penampilan tari traditional selanjutnya adalah penampilan yang speaktakular dari CONGROCK. Istimewaaa!!!

Penampilan Congrock nampak sudan dinantikan oleh masyarakat dan wisatawan baik lokal dan mancanegara. Badan yang rasanya sudah lelah seharian beraktivitas menjadi kembali bersemangat setelah menyaksikan penampilan Congrock. Apalagi ada om Kunto. You know-lah kalau fans pasti histris menyaksikan penampilannya. Ingin saya berteriak, tapi sayangnya saya sendirian dan sedang mendokumentasikan acara. Hehehehe.

One again, in my opinion. Acara Festival Karimunjawa 2018 sangat menarik dan meriah. Banyak hiburan dan bisa mengeksplore destinasi wisata Karimunjawa dari sisi yang lain. 

Mungkin sedikit yang perlu dievaluasi dari acara ini adalah time managemen untuk pengisi acara panggung utama, baik tari traditional atau band lokal. Kemudian informasi mengenai jadwal kegiatan (bisa dicetak dalam bentuk spanduk) untuk offline dan informasi secara online. Untuk informasi secara online bisa dengan membuat official account tentang Festival Karimunjawa 2018 gitu sih, yang kemudian official account ini bisa diupdate mengenai acara dan bisa jadi portofolio event setiap tahun. 

Overall, acara Festival Karimunjawa 2018 itu menarik dan banjir penonton, semoga tahun depan lebih menarik lagi, baik dari konten maupun pengisi acaranya. Sukses dan maju terus Pariwisata Jawa Tengah.... Gassss.... 


“Artikel ini sedang diikutsertakan dalam lomba Festival Karimunjawa 2018 yang diadakan oleh Disporapar Jawa Tengah dan GenPI Jateng”

Komentar

  1. menarik ini barikan kubronya...penasaran dari lama daku

    BalasHapus
  2. Nah..aku ingin lihat yg Batikan Kubro nih... Mudah2an bisa di thn2 y.a.d ..

    BalasHapus
  3. Karimunjawa unggulan Jateng bgt yah mba

    BalasHapus
  4. Karimunjawa unggulan Jateng bgt yah mba

    BalasHapus
  5. Barikan kubro itu kesenian seperti apa mba?

    BalasHapus
  6. Menarik bgt Moyy...aku jadi pingin menelusuri budaya Karimun deh

    BalasHapus
  7. Waktu sebelum pindah ke jakarta masih di semarang, udah beli tiket dua ma suamiku buat ke karimun jawa, sayang malah kucancel karena satu dan lain hal, karimun jawa makin kece ya moi :)

    BalasHapus
  8. aku pengen banget ngerasain ke karimun dan belum sempet sempet :')

    BalasHapus
  9. duh kpn ya aku bisa ke sana..

    BalasHapus
  10. Udah lama pengen ke karimun jawa ga jadi muluk. Sekarang punya bayi ntah kapan deh bisa ke sana 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  11. Seru ya festivalnya semoga next year bisa ikutan

    BalasHapus
  12. Semoga acaranya bisa rutin dan menarik wisatawan lebih banyak yaa

    BalasHapus
  13. keren acaranya. sayangnya aku belum pernah ke sana hehehe

    BalasHapus
  14. Kereeen! Aku envy sama teman2 yang sudah bolak-balik Karimunjawa. Lha aku wong Jateng tapi belum pernah ke sana 😭😭

    BalasHapus
  15. Ini yg heboh2 kemaren di Karimunjawa toohh,

    Tahun depan jadwalkan ke sana deeh, seru keknya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini